Belanja semakin mudah hanya dari gadget, cek sekarang...!!!


Website Instan
Cara Mengatur Alinea atau Paragraf pada Ms. Word 2007 - Dalam membuat sebuah dokumen tentunya kita akan menjumpai yang namany paragraf. Paragraf biasanya baris pertama dibuat masuk ke dalam sedikit supaya terlihat antara paragraf yang pertama dengan paragraf yang selanjutnya. Ketika ingin menulis walaupun bukan dengan komputer memasukkan text sedikit ke dalam pada baris pertama sudah sering kita lakukan.

Dalam mengetik juga perlu untuk membuat text baris pertama dalam paragraf sedikit masuk ke dalam ada sebagian dokumen memerlukan format ini. Tetapi ada juga sebagian dokumen tidak memerlukan format ini dan itu tergantung dokumen apa yang kita buat.


Kali ini kita akan menulis sedikit tutorial bagaimana mengatur paragraf yang digunakan untuk paragraf. Untuk spasi ini perlu kita perhatikan saat membuat dokumen penting seperti membuat skripsi. Membuat skripsi biasanya ada syarat untuk membuat paragraf dengan spasi tertentu dan ini tergantung dari peraturan universitas.

Berikut ini merupakan langkah - langkah yang dapat kita lakukan untuk mengatur baris paragraf. Langkah mengatur alinea paragraf :
Seperti biasanya yang harus kita lakukan yaitu membuka program Ms. Word baik itu yang versi lama atau yang versi baru. Nah setelah programnnya terbuka maka selanjutnya kita pilih home pada ribbon dan tanda panah yang ada pada kolom group menu paragraf dan akan muncul jendela Paragraf. Pada jendela ini silahkan kita First line ( yaitu baris pertama paragraf masuk ke dalam ) atau Hanging ( yaitu baris pertama menggantung keluar ) pada kolom Special dan atur jarak sesuai keinginan pada kolom By kemudian tekan Ok.

Pada jendela Paragraf tersebut kita juga bisa mengatur rata atau posisi tulisan dengan cara memilih jenis rata yang ada pada kolom Alignment. Begitu juga untuk memilih arah permulaan tulisan dengan cara memilih pada Tab Direction dengan keterangan Right-to-left yaitu tulisan dimulai dari arah kanan ke kiri dan biasanya model arah ini digunakan dalam penulisan bahasa Arab dan keterangan Left-to-right yaitu tulisan dimulai dari arah kiri menuju ke kanan.

Adapun untuk cara lebih mudah kita bisa melakukannya dengan cara menahan kursor pada pembatas ruller dan selanjutnya kita geser sesuai keinginan. Jika ingin membuat baris pertama masuk ke dalam maka geser kursor ke arah kanan dan jika kita ingin baris pertama paragraf menggantung keluar maka geser kursor ke arah kiri. Cara ini merupakan cara otomatis dan kita tidak perlu mengatur alinea selanjutnya seperti alinea yang pertama.
Cara Mengatur Alinea atau Paragraf pada Ms. Word 2007
Klik gambar untuk memperbesar
Dengan melakukan langkah di atas maka alinea yang ada di dalam dokumen kita akan lebih rapi. Demikian tutorial mengenai cara membuat alinea atau paragraf secara otomatis pada Ms. Word yang dapat kita tulis di dalam artikel kali ini.