Belanja semakin mudah hanya dari gadget, cek sekarang...!!!


Website Instan
Microsoft Office Excel merupakan salah satu program yang disediakan oleh Microsoft Office. Dari sekian banyak program microsoft yang ada Ms. Excel merupakan salah satu program populer. Bagi pengguna komputer tentunya sudah tidak asing lagi yang namanya Ms. Excel ini. Microsoft Office Excel atau MS Excel merupakan aplikasi untuk membuat sebuah dokumen baik itu surat, laporan dan sebagainya. Versi MS Excel sekarang sudah tersedia beberapa versi seperti versi MS Excel 2003, MS Excel 2007 dan MS Excel 2010. Kita sebagai pengguna kadang belum mengetahui semua tentang pengaturan-pengaturan atau fasilitas-fasilitas yang ada dalam aplikasi tersebut.

Untuk membuat sebuah dokumen misalnya kita ingin membuat laporan maka kita biasanya akan membuat yang namanya tabel. Tabel yang dibuat biasanya dihiasi dengan adanya border untuk membuat tabel terlihat bagus. Dalam membuat tabel di MS Excel kita juga harus mengetahui bagaimana caranya karena tools yang ada pada MS Excel juga sangat banyak. Bila kita tidak tahu caranya maka kita tidak berhasil membuat tabel untuk laporan pada MS Excel.

Baca juga : Cara Menampilkan Shortcut MS. Word dan MS. Excel di Komputer

Kali ini kita ingin menulis sedikit cara untuk membuat tabel pada Ms. Excel. Adapun untuk MS Excel versinya yang berbeda tapi caranya tidak jauh berbeda cuma toolsnya saja yang mungkin tidak sama dalam hal posisinya. Dalam menulis ini kita coba mengambil contoh pada MS Excel versi 2007 karena ini masih juga banyak digunakan walaupun sudah ada versi terbarunya.

Sebelum menulis bagaimana untuk membuat tabel kita tulis dulu beberapa kegunaan MS Excel. Berikut kita menulis sedikit kegunaan MS Excel :
  1. MS Excel berguna untuk menyimpan dokumen atau file yang berukuran kecil dengan beberapa jenis format. Dalam menggunakan MS Excel kita bisa memberi warna text, menambah gambar, mengubah ukuran huruf, menyisipkan simbol dan sebagainya
  2. Kita bisa mengetahui data atau dokumen kita sudah lengkap atau sudah siap untuk digunakan
  3. Bisa membuat dokumen web misalnya kita ingin membuat file atau tulisan dalam bentuk HTML sehingga kita dengan mudah menghosting ke blog atau situs kita
Setelah mengetahui beberapa kegunaan dari MS Excel maka kita akan menulis sedikit tutorial mengenai MS Excel. Berikut merupakan langkah-langkah untuk membuat tabel pada MS Excel :
1. Kita buka dahulu program Ms. Excel yang sudah terinstal pada komputer kita dan tunggu hingga terbuka.
2. Selanjutnya blok cell yang diinginkan misalnya dengan kolom 5 baris dan row 10 baris. Kemudian klik icon border dan pilih All Borders.
Cara Membuat Tabel pada Ms Excel 2007
Klik gambar untuk memperbesar
Nah dengan mengikuti langkah - langkah di atas untuk membuat tabel sudah selesai. Dalam membuat tabel pada Ms. Excel lebih mudah dan hampir sama juga dengan yang ada pada Ms. Word. Demikian sedikit tulisan mengenai cara membuat tabel pada Ms. Excel 2007 yang mungkin dapat membantu bagi Anda yang baru belaar microsoft office excel. Berikut videonya :