Belanja semakin mudah hanya dari gadget, cek sekarang...!!!


Website Instan
Cara mengatur ukuran kertas pada Ms. Word - Ukuran kertas untuk membuat sebuah dokumen seperti membuat surat, makalah, skripsi, laporan, struktur organisasi dan sebagainya memang sangat diperlukan karena kertas yang tersedia sangat bermacam - macam ukuran. Namun ketika kita ingin membuat sebuah surat atau yang semisal maka kita harus mengatur ukuran kertas. Mengatur ukuran kertas ini kita lakukan di komputer yaitu dalam program MS. Word yang kita gunakan.

Adapun tujuan kita mengatur kertas yaitu untuk sesuai tulisan yang kita ketik di MS. Word saat di print karena kalau kita tidak mengatur kertas maka kita tidak tau kertas apa  yang hrus kita pakai saat mau di print sebuh dokumen. Misalnya kertas yang tersedia seperti kertas ukuran A4, F4 dan lain - lain. Bila kita tidak mengatur kertas dengan benar maka kemungkinan dokumen yang diprint akan hilang sebagin tulisan misalnya kita menggunakan ukurn F4 di MS. Word namun kita memakai kertas A4 saat diprint maka bila tulisan sampai ke paling bawah maka ada kemungkinan tulisan yang paling bawah tidak tampil sesudah diprint.


Sebagai pemula di dalam mengenal komputer maka ini akan menjadi kita sulit untuk mengetahui cara untuk mengatur ukuran kertas untuk sebuah dokumen yang sudah kita ketik. Maka kita ingin menulis sedikit cara bagaimana untuk mengatur ukuran kertas yang ada di MS. Word. Langkah ini kita tulis berdasarkan cara yang kita lakukan pada MS. Word 2007, untuk MS. Word 2003 dan Ms. Word 2010 mungkin caranya agar sedikit mirip hanya menunya yang beda letaknya.

Maka untuk mengetahui cara mengatur kertas silahkan simak uraian berikut ini yang mungkin akan membantu kita yang belum mengetahui caranya. Berikut langkah - langkah yang dapat dilakukan :
1. Terlebih dahulu kita buka program MS. Word dan kemudian kita ketik surat atau yang serupa. Sebelum mengetik bisa juga kita atur terlebih dahulu kertasnya itu tergantung kepada kita pengguna. Setelah terbuka program MS. Word kita maka selanjutnya kita menuju menu Page Lyout yang ada pada ribbon.

2. Kemudian pilih margin yang ada pada group menu Page Setup dan selanjutnya pilih Custom Margins dan akan muncul jendela Page Setup. Pada tahap ini kita baru mulai mengatur kertas baik itu margin dan ukuruan kertas. Untuk mengatur marginnya tinggal isi pada kolom Top, Bottom, Left dan Right. Sedangkan untuk mengatur ukuran kertas maka kita pilih pada tab Paper, kemudian atur sesuai keinginan pada Paper size. Disini kita bisa memilih biasanya kalau tidak di atur maka akan otomatis kertas dengan ukuran A4 namun bila kita ingin mengantikannya menjadi kertas F4 maka pilih Custom size dan atur di Width 21,59 cm dan  Height 33 cm kemudian tekan OK
Mengatur Ukuran Kertas di MS Word 2007
Klik gambar untuk memperbesar
Itulah sedikit tulisan mengenai cara mengatur kertas pada MS. Word 2007 dan mungkin dapat membantu kita untuk membuat sebuah dokumen dengan ukuran yang sesuai. Bila kertas yang ingin diprint ukuran A4 maka hanya perlu diatur marginnya saja karena biasanya setting kertas pada MS. Word sudah menggunakan kertas A4. Bila anda ingin mempelajari tutorial lainnya mengenai MS. Word bisa membaca di blog ini.